Cari Blog Ini

Rabu, 20 Januari 2010

Kekuasaan Authority Coercion Acquiscence Influence Persuation

  1. Kekuasaan / Power


Kekuasaan secara umum diartikan sebagai kemampuan menggunakan sumber-sumber pengaruh yang dimiliki untuk mempengaruhi perilaku pihak lain sehingga pihak lain berperilaku sesuai dengan kehendak pihak yang mempengaruhi. Selain itu, kekuasaan politik dapat dirumuskan sebagai kemampuan menggunakan sumber-sumber pengaruh untuk mempengaruhi proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan politik sehingga keputusan itu menguntungkan dirinya, kelompoknya ataupun masyarakat pada umumnya.

Kekuasaan adalah kemampuan seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku (Miriam Budiardjo,2002)

Kekuasaan merupakan kemampuan mempengaruhi pihak lain untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak yang mempengaruhi (Ramlan Surbakti,1992).

Menguraikan konsep kekuasaan politik kita perlu melihat pada kedua elemennya, yakni kekuasaan dari akar kata kuasa dan politik yang berasal dari bahasa Yunani Politeia (berarti kiat memimpin kota (polis)). Sedangkan kuasa dan kekuasaan kerapa dikaitkan dengan kemampuan untuk membuat gerak yang tanpa kehadiran kuasa (kekuasaan) tidak akan terjadi.

Kekuasaan dapat dilihat dari 2 sudut pandang yaitu keuasaan bersifat positif dan negatif.

Kekuasaan bersifat positif

merupakan Kemampuan yang dianugerahkan oleh Tuhan kepada individu sebagai pemegang kekuasaan tertinggi yang dapat mempengaruhi dan merubah pemikiran orang lain atau kelompok untuk melakukan suatu tindakan yang diinginkan oleh pemegang kekuasaan dengan sungguh-sungguh dan atau bukan karena paksaan baik secara fisik maupun mental.

Kekuasaan bersifat Negatif Merupakan sifat atau watak dari seseorang yang bernuansa arogan, egois, serta apatis dalam mempengaruhi orang lain atau kelompok untuk melakukan tindakan yang diinginkan oleh pemegang kuasa dengan cara paksaan atau tekanan baik secara fisik maupun mental.

B. Authority

Dalam pemerintahan, otoritas sering digunakan bergantian dengan istilah "kekuasaan". Namun, maknanya berbeda: sementara "kekuasaan" didefinisikan sebagai "kemampuan untuk mempengaruhi seseorang untuk melakukan sesuatu yang (s) ia tidak mungkin melakukannya", "kewenangan" mengacu pada klaim legitimasi, pembenaran dan hak untuk melakukan itu kekuasaan. Sebagai contoh, sedangkan massa memiliki kekuatan untuk menghukum kriminal, misalnya dengan hukuman mati tanpa pengadilan, orang-orang yang percaya pada aturan hukum menganggap bahwa hanya suatu pengadilan hukum untuk memiliki otoritas untuk memerintahkan hukuman mati.

Sejak munculnya ilmu-ilmu sosial, otoritas telah menjadi subjek penelitian dalam berbagai pengaturan empiris; keluarga (orangtua otoritas), kelompok-kelompok kecil (informal otoritas kepemimpinan), antara organisasi, seperti sekolah, gereja, tentara, industri dan birokrasi (organisasi dan birokrasi pemerintah) dan masyarakat luas atau organisasi inklusif, mulai dari yang paling primitif masyarakat

Authority merupakan sebuah kewenangan untuk bertindak, Kekuatan untuk menegakkan hukum, tepat ketaatan, perintah, menentukan, atau hakim.
Kekuatan untuk mempengaruhi atau membujuk dihasilkan dari pengetahuan atau pengalaman: pengamat politik yang memperoleh kekuasaan dengan usia., kekuatan untuk tindakan yang diberikan secara resmi atau secara formal (seperti dengan undang-undang, peraturan perusahaan, atau perintah pengadilan)

C. Coersion

Pemaksaan (diucapkan / co-er-Shon / atau / koʊɜrʃən /) adalah praktek memaksa pihak lain untuk berperilaku dengan cara spontan (baik melalui tindakan atau tidak bertindak) dengan menggunakan ancaman, intimidasi, penipuan, atau bentuk lain dari tekanan atau kekuatan. Tindakan seperti itu digunakan sebagai leverage, untuk memaksa korban untuk bertindak dengan cara yang dikehendaki. Pemaksaan mungkin melibatkan hukuman fisik yang sebenarnya sakit / cedera atau kerusakan psikologis dalam rangka untuk meningkatkan kredibilitas dari sebuah ancaman. Ancaman bahaya lebih lanjut dapat menyebabkan kerjasama atau ketaatan orang yang dipaksa. Penyiksaan adalah salah satu contoh yang paling ekstrem yaitu pemaksaan sakit parah yang diderita korban untuk mengekstrak informasi yang dikehendaki dari partai disiksa.

Coercion, secara hukum, yang melanggar hukum untuk memaksa seseorang untuk melakukan, atau untuk tidak melakukan, sesuatu dengan mencabut dirinya dari pelaksanaan kehendak bebas-Nya, terutama dengan menggunakan atau ancaman fisik atau kekuatan moral. Di banyak negara-negara Amerika Serikat, undang-undang menyatakan seseorang bersalah melakukan kejahatan ringan jika ia, dengan kekerasan atau cedera kepada orang lain, keluarga, atau properti, atau dengan mencabut dia dari pakaian atau alat apapun atau melaksanakan, atau dengan mengintimidasi dengan ancaman ancaman, secara hukum, deklarasi niat untuk melukai orang lain dengan melakukan tindakan yang melanggar hukum, dengan maksud untuk menahan kebebasan bertindak. Ancaman dapat dibedakan dari serangan, karena serangan fisik memerlukan beberapa tindakan yang muncul mungkin terwujud dalam kekerasan,

D. Acquiscence

Persetujuan adalah suatu istilah hukum yang digunakan untuk menggambarkan suatu tindakan seseorang dalam sadar berdiri dengan tanpa mengangkat keberatan untuk pelanggaran hak-hak, ketika orang lain yang tanpa disadari dan jujur dalam menempatkan sumber daya di bawah kata kesan bahwa sebenarnya hak miliknya. Akibatnya, orang yang dilanggar hak-hak yang tidak dapat lagi mengajukan klaim terhadap pelanggaran atau berhasil dalam suatu perintah sesuai karena perilakunya. Istilah ini paling umum, "izin" yang diberikan oleh keheningan atau ketidakpedulian. Penerimaan atau kesepakatan dengan tetap diam atau dengan tidak membuat keberatan.

Common law Doktrin estoppel oleh persetujuan diterapkan ketika salah satu pihak memberikan pemberitahuan hukum kepada pihak kedua dari fakta atau klaim, dan pihak kedua gagal untuk menantang atau menyanggah bahwa klaim dalam waktu yang wajar. Pihak kedua dikatakan telah setuju untuk klaim, dan kemudian menantang estopped dari itu, atau membuat balasan. Ajaran ini mirip dengan, dan sering diterapkan dengan, estoppel oleh ketidakrajinan.

Diam adalah persetujuan (aka. diam persetujuan dan persetujuan oleh keheningan) adalah doktrin yang terkait dapat berarti, dan mempunyai efek hukum, bahwa ketika dihadapkan dengan yang salah atau tindakan yang dapat dianggap sebagai tindakan menyakitkan, di mana seseorang diam mungkin berarti bahwa orang menerima atau mengizinkan tindakan seperti itu tanpa protes atau klaim sehingga kehilangan hak atas klaim dari setiap kehilangan atau kerusakan.
Tindakan atau kondisi acquiescing atau memberikan persetujuan diam-diam; perjanjian atau persetujuan diam atau tanpa keberatan; kepatuhan (biasanya fol. oleh ke atau dalam): persetujuan kepada atasannya tuntutan.

E. Influence

Influence adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengubah sikap dan perilakunya secara sukarela. Persuasion adalah kemampuan meyakinkan orang lain dengan argumentasi untuk melakukan sesuatu. Force adalah penggunaan tekanan fisik, seperti membatasi kebebasan, menimbulkan rasa sakit ataupun membatasi pemenuhan kebutuhan biologis pihak lain agar melakukan sesuatu. Pengertian coercion adalah peragaan kekuasaan atau ancaman dan paksaan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok terhadap pihak lain agar bersikap dan berperilaku sesuai dengan kehendak pihak pemilik kekuasaan.

A (seseorang atau kelompok) dikatakan memiliki kekuasaan atas B (seseorang atau kelompok) apabila A dapat mempengaruhi B untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak dikehendaki B. Ada rumusan lain yang menyatakan bahwa A menguasai B apabila A dapat mempengaruhi B untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak A. Walau demikian, rumusan kekuasaan tersebut masih harus dilengkapi karena tidak semua orang, kelompok atau Negara dapat mempengaruhi atau mempunyai kekuasaan.

F. Persuation

Persuasi adalah suatu bentuk pengaruh sosial. Ini adalah proses membimbing orang dan diri sendiri ke arah adopsi ide, sikap, atau tindakan dengan rasional dan simbolik (walaupun tidak selalu logis) berarti. Ini adalah strategi pemecahan masalah bergantung pada "naik banding" daripada paksaan. Menurut Aristoteles, "Rhetoric adalah seni menemukan, dalam kasus tertentu, yang tersedia sarana persuasi."

Metode persuasi juga kadang-kadang disebut sebagai taktik persuasi atau bujukan strategi.

Menurut Robert Cialdini dalam bukunya tentang persuasi, ia mendefinisikan enam "senjata pengaruh": [1]

* Timbal-balik - Orang-orang cenderung untuk mengembalikan bantuan. Demikian, pervasiveness sampel bebas dalam pemasaran dan periklanan. Dalam konferensi, dia sering menggunakan contoh dari Ethiopia menyediakan ribuan dolar dalam bantuan kemanusiaan ke Meksiko tahun 1985 tepat setelah gempa bumi, meskipun Ethiopia menderita kelaparan yang melumpuhkan dan perang saudara pada waktu itu. Ethiopia telah reciprocating untuk dukungan diplomatik Meksiko berikan ketika Italia menginvasi Ethiopia pada tahun 1937.

* Komitmen dan Konsistensi - Sekali orang melakukan apa yang mereka anggap benar, secara lisan atau secara tertulis, mereka lebih cenderung untuk menghormati komitmen tersebut, bahkan jika insentif asli atau motivasi kemudian dihapus. Misalnya, dalam penjualan mobil, tiba-tiba menaikkan harga pada saat terakhir bekerja karena pembeli telah memutuskan untuk membeli.

* Sosial Bukti - Orang-orang akan melakukan hal-hal yang mereka lihat orang lain lakukan. Sebagai contoh, dalam satu percobaan, satu atau lebih rekannya akan melihat ke langit; pengamat kemudian akan melihat ke langit untuk melihat apa yang mereka lihat. Pada satu titik percobaan ini dibatalkan, karena begitu banyak orang yang melihat ke atas bahwa mereka berhenti lalu lintas. Lihat sesuai, dan kesesuaian Asch eksperimen.

* Authority - Orang-orang akan cenderung untuk mematuhi figur otoritas, bahkan jika mereka diminta untuk melakukan tindakan diterima. Cialdini mengutip insiden, seperti eksperimen Milgram pada awal 1960-an dan pembantaian My Lai.

* Menyukai - Orang-orang dengan mudah dibujuk oleh orang lain yang mereka sukai. Cialdini mengutip pemasaran Tupperware dalam apa yang sekarang disebut viral marketing. Orang-orang lebih cenderung membeli jika mereka menyukai orang yang menjualnya kepada mereka. Beberapa dari banyak bias memihak orang lebih menarik dibahas, tetapi umumnya lebih estetis menyenangkan orang cenderung menggunakan pengaruh ini sangat baik atas orang lain. Lihat stereotip daya tarik fisik.

* Kelangkaan - Perceived kelangkaan akan menghasilkan permintaan. Sebagai contoh, mengatakan menawarkan yang tersedia untuk suatu "waktu terbatas hanya" mendorong penjualan.


Propaganda juga terkait erat dengan Persuasi. Ini adalah set pesan terpadu yang bertujuan untuk mempengaruhi pendapat atau perilaku banyak orang. Bukannya tidak memihak memberikan informasi, propaganda dalam arti yang paling mendasar menyajikan informasi dalam rangka untuk mempengaruhi audiens. Propaganda yang paling efektif adalah sering benar-benar jujur, tetapi beberapa fakta hadiah propaganda selektif untuk mendorong sintesis tertentu, atau memberikan pesan diambil untuk menghasilkan emosional daripada rasional terhadap informasi yang disajikan. Hasil yang diinginkan adalah perubahan dari narasi kognitif subjek di target audiens. Istilah 'propaganda' pertama kali muncul pada 1622 ketika Pope Gregory XV mendirikan Kongregasi Suci untuk menyebarkan Iman. Propaganda kemudian seperti sekarang tentang meyakinkan banyak orang tentang kebenaran dari suatu kumpulan ide. Propaganda adalah setua orang, politik dan agama.
[sunting] Daftar metode


Memahami Ilmu Politik, menyebutkan kekuasaan merupakan konsep yang berkaitan dengan perilaku. Kekuasaan dipandang sebagai gejala yang selalu terdapat dalam proses politik, namun diantara ilmuwan politik tidak ada kesepakatan mengenai makna kekuasaan. Akan tetapi politik tanpa kekuasaan bagaikan agama tanpa moral. Dalam kamus ilmu politik terdapat beberapa konsep yang berkaitan dengan kekuasaan (power), seperti influence (pengaruh), persuasion (persuasi), force (kekuatan), coercion (kekerasan) dan lain sebagainya. Jadi dalam memahami ilmu politik diperlukan pemahaman mengenai konsep-konsep dari ilmu politik tersebut.

Referensi

Surbakti,ramlan.1992.Memahami Ilmu Politik. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Budiajo,miriam.2008.Dasar-dasar ilmu politik-edisi revisi.Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama

http://id.wikipedia.org/wiki/ (situs di akses 21 oktober 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar